Kamis, 17 April 2008

Kesempatan


Bacaan: Yeremia 46:13-17

Sebutlah nama Firaun, raja Mesir: Tukang ribut yang membiarkan kesempatan berlalu!- Yeremia 46:17


Petualangan Marcopolo sampai ke Asia membuahkan hasil yang luar biasa. Injil yang diberitakannya diresponi dengan bagus oleh pemimpin Mongol, Kublai Khan. Tahun 1269, Kublai Khan mengirim permintaan dari Peking ke Roma, “Mohon untuk menjemput seratus orang bijak dari agama Kristian, supaya saya dibaptis. Bila saya dibaptis, semua bangsawan dan orang perkasa saya dibaptis, dan bawahan mereka juga dibaptis, supaya ada lebih banyak orang Kristian di sini daripada di tempat Anda.”

Paus Gregory X menanggapi permintaan Khan tersebut hanya dengan mengirim dua orang misionaris sahaja. Yang menyedihkan, ketika dua orang ini sampai di Armenia, mereka tidak dapat untuk melanjutkan perjalanan lebih jauh lagi dan kembali pulang. Lenyaplah kesempatan terbesar untuk menghadirkan Kristus bagi Mongol dan juga China (Waktu itu Mongol sedang menguasai China). Tuhan sudah menciptakan kesempatan luar biasa namun disia-siakan begitu saja. Kesempatan tidak datang dua kali. Hingga hari ini kita tahu bahwa agama kristian tidak begitu popular di negara terbesar di Asia itu.

Bercerita tentang kesempatan, sebenarnya kita tahu bahwa Tuhan selalu memberi kesempatan demi kesempatan kepada kita. Permasalahannya, apakah kita boleh
menggunakan kesempatan itu dengan baik, atau sebaliknya kita mensia-siakannya begitu saja? Sejauh mana kita menghargai kesempatan yang sudah Tuhan berikan kepada kita?

Jika Anda diberkati secara finansial dengan luar biasa, percayalah itu bukan sebuah kebetulan. Allah sedang memberi kesempatan kepada Anda untuk berbuat
sesuatu lewat uang yang Anda miliki. Jika Anda diperlengkapi dengan sejumlah talenta yang mengagumkan, percayalah itu maksudnya Tuhan sedang memberi kesempatan kepada Anda menggunakan talenta itu untuk kemuliaanNya. Jika kebetulan Anda sedang bertemu dengan seseorang yang sedang ditimpa masalah, tertekan bahkan kehilangan pegangan hidup, itu ertinya Tuhan sedang memberikan kesempatan kepada kita untuk memperkenalkan pribadi Yesus kepadanya. Anda diberikan hikmat, kekuatan, waktu, wang, bakat, dan kelebihan-kelebihan lain. Itu adalah sebuah kesempatan yang harus kita gunakan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai kita mengabaikannya dan membiarkan kesempatan itu berlalu begitu saja.

Tidak ada komentar:

BIBLE SEARCH

Choose a Bible Book or Range
Type your text here
Ignore Case
Highlight Results